Fakultas

S1 Kebidanan

Deskripsi Singkat

Menghasilkan lulusan sarjana dan Profesi bidan yang mampu menjadi care provider, communicator, manager, decision maker dan community leader serta mampu memberikan asuhan tumbuh kembang pada balita berdasarkan nilai – nilai islami kemuhammadiyahan.

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Profesi Bidan unggul dalam asuhan Tumbuh kembang balita yang islami dan berdaya saing nasional tahun 2025.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berbasis KKNI berdasarkan nilai – nilai islami.
  • Menyelenggarakan penelitian dibidang tumbuh kembang balita.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dibidang tumbuh kembang balita sesuai Evidence based.
  • Menyelenggarakan kegiatan berdasarkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
Kaprodi S1 Kebidanan St. Hasriani, S.Tr.Keb., M.Keb

Email Prodi

prodipendidikanbidan@gmail.com

Kompetensi Prodi

Care Provider

Lulusan Bidan mampu memberikan asuhan kebidanan secara komprehensif mempunyai kemampuan mengaplikasikan ilmu kebidanan dalam menganalisis masalah dan memberikan petunjuk dalam memilih alternatif pemecahan masalah pada lingkup praktik kebidanan meliputi asuhan pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, bayi, anak balita, anak prasekolah, kesehatan reproduksi (remaja, perempuan usia subur, dan perimenopause) serta pelayanan KB berdasarkan standar praktik kebidanan dan kode etik profesi dengan optimalisasi nilai – nilai spritual ( di tambahkan pencirinya)

Communicator

Lulusan profesi bidan yang mempunyai kemampuan berperan mengembangkan Komunikasi,Informasi,Edukasi dan promosi kesehatan yang berhubungan dengan kesehatan perempuan pada tahap perkembangan siklus reproduksinya dengan menggunakan hasil riset dan teknologi informasi(diperjelas sasarannya: kelaurga, masy, antar profesi….)

Community Leader

Lulusan profesi bidan yang mempunyai kemampuan (berperan sebagai penggerak dan pengelola masyarakat/leader/Pemberdayaan) dalam rangka meningkatkan KIA dan kesehatan masyarakat melalui partisipasi masyarakat untuk menyelesaikan masalah melalui pendekatan interprofesional

Decision Maker

Lulusan profesi bidan yang mempunyai kemampuan mengambil keputusan secara (independen) sesuai kode etik, rasional dan sistematis serta bertanggung jawab

Manager

Lulusan profesi bidan yang mempunyai kemampuan sebagai pengelola dalam layanan Kesehatan ibu dan anak, kessehatan reproduksi, keluarga berencana, dengan memperhatikan potensi dan sumber daya secara efektif dan efisien

Capaian Pembelajaran

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menerapkan nilai – nilai Islami berdasarkan Al Islam dan Kemuhammadiyaah dalam setiap asuhan yang diberikan kepada klien
  12. Mampu menunjukkan sikap empati dalam memberikan asuhan pada balita dengan kelainan tumbuh kembang

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapakan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun dekripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam lamam perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan menunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisi informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat Baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesalihan dan mencegah plagiasi
  10. Mampu memberikan pendampingan pada setiap asuhan kebidanan yang diterapkan pada klien dengan berbasis nilai Al – Islam dan Kemuhammadiyahaan.
  11. Mampu menganalisis asuhan kebidanan pada Balita
  12. Keterampilan Khusus Sarjana

 

Care Provider

  1. Mampu mengaplikasikan keilmuan kebidanan dalam menganalisis masalah dan memberikan petunjuk dalam menganalisis masalah dan memberikan petunjuk dalam memilih alternatif pemecahan masalah pada lingkup praktik kebidanan meliputi asuhan pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, bayi, anak balita, anak prasekolah, kesehatan reproduksi (remaja, perempuan usia subur, dan perimenopause) serta pelayanan KB
  2. Mampu mengidentifikasi secara kritis penyimpangan/kelainan sesuai lingkup praktik kebidanan
  3. Mampu mendemonstrasikan tatalaksana konsultasi, kolaborasi dan rujukan
  4. Mampu mendemonstrasikan penanganan awal kegawatdaruratan maternal neonatal sesuai standar mutu yang berlaku
  5. Mampu menerapkan berbagai teori kontrasepsi termasuk AKDR dan AKBK
  6. Mampu mendemonstrasikan pencegahan infeksi, pasien safety dan upaya bantuan hidup dasar
  7. Mampu mendemonstrasikan pendokumentasian asuhan kebidanan sesuai standar yang berlaku
  8. Mampu mendeteksi adanya kelainan pada tumbuh kembang balita

 

Communicator

  1. Mampu mengembangkan KIE dan promosi kesehatan yang berhubungan dengan kesehatan perempuan pada tahap perkembangan siklus reproduksinya dengan menggunakan hasil riset dan teknologi informasi
  2. Melakukan upaya promotif dan preventif pada balita sehat

 

Community Leader

  1. Mampu menerapkan teori manajemen kebidanan komunitas yang berbasis pada partisipasi masyarakat untuk menyelesaikan masalah melalui pendekatan interprofesional;

 

Decision Maker

  1. Mampu mengaplikasikan teori dan praktik pengambilan keputusan dan manajemen dalam pelayanan kebidanan sesuai kode etik
  2. Mampu mendeteksi adanya kelainan pada tumbuh kembang balita secara kompehenship.

 

Manager

  1. Mampu mendemonstrasikan langkah-langkah manajemen pelayanan kebidanan

Pengetahuan Sarjana

  1. Menguasai konsep teoritis ilmu kebidanan, manajemen asuhan kebidanan, keputusan klinis, model praktik kebidanan, dan etika profesi secara mendalam
  2. Menguasai konsep teoritis ilmu obstetri dan ginekologi, serta ilmu kesehatan anak secara umum;
  3. Menguasai konsep teoritis ilmu biomedik, biologi reproduksi dan biologi perkembangan yang terkait dengan siklus kesehatan reproduksi perempuan dan proses asuhan
  4. Menguasai konsep teoritis ilmu ekonomi kesehatan, politik kesehatan, kebijakan publik dibidang kesehatan, sosiologi dan antropologi kesehatan, epidemiologi dan biostatistik, kesehatan masyarakat secara umum;
  5. Menguasai konsep teoritis ekologi manusia secara umum dan konsep teoritis psikologi perkembangan dan ilmu perilaku secara mendalam terkait asuhan kebidanan sepanjang siklus reproduksi perempuan dan proses adaptasi menjadi orangtua;
  6. Menguasai konsep teoritis gizi dalam siklus reproduksi perempuan secara umum;
  7. Menguasai konsep dasar, prinsip, dan teknik bantuan hidup dasar (Basic life support) dan pasien safety;
  8. Menguasai konsep teoritis keterampilan dasar praktik kebidanan secara mendalam
  9. Menguasai konsep umum ilmu kesehatan masyarakat
  10. Menguasai konsep umum patofisiologi yang berkaitan dengan asuhan kebidanan
  11. Menguasai prinsip hukum peraturan dan perundang-undangan yang terkait dengan pelayanan kebidanan secara umum
  12. Menguasai konsep teoritis komunikasi efektif, pendidikan kesehatan, promosi kesehatan dan konseling serta penggunaan teknologi dan sistem informasi dalam pelayanan kebidanan secara mendalam
  13. Menguasai konsep teoritis manajemen dan kepemimpinan secara umum
  14. Menguasai konsep teoritis penelitian dan evidence based practice dalam praktik kebidanan.
  15. Menguasai teori dan penerapan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
  16. Menguasai konsep teori asuhan pada tumbuh kembang balita
  17. Menguasai asuhan pada balita